Peresmian Wisata Cagar Budaya Crane Putar digelar pada Senin (4/7) di aula PT Boma Bisma Indra (Persero). Kegiatan ini merupakan langkah lebih lanjut pasca revitalisasi crane putar yang diinisasi kelompok KKNT MBKM 68 UPN Jawa Timur. Revitalisasi dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan riset di wilayah Kelurahan Nyamplungan yang meliputi analisis lokasi dan potensi.  Sebelum revitalisasi, bangunan cagar budaya crane putar ini memiliki kondisi yang kurang terawat. Kegiatan revitalisasi crane putar terbagi menjadi 3 tahap. Pada tahap pertama, pembersihan, meliputi pembersihan limbah di sekitar crane putar, penebangan pohon, serta pembersihan karat pada bangunan. Dalam kegiatan pembersihan mahasiswa KKN bersinergi dengan petugas Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Surabaya. 

Tahap kedua adalah pengecatan. Bersama petugas Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, mahasiswa KKN bahu membahu mengerjakan pengecatan untuk fisik bangunan yang tinggi dan sulit dijangkau. Di tahapan terakhir, yakni pemasangan pagar, mahasiswa secara gotong royong melakukan pengecoran dan pemasangan rantai. Dalam kegiatan pemasangan pagar ini mahasiswa KKN dibersamai oleh tenaga ahli dari masyarakat sekitar. Keterlibatan PT BBI dalam kegiatan revitalisasi crane putar tidak hanya sebagai pemilik bangunan cagar budaya tersebut, akan tetapi juga sebagai fasilitator alat dan bahan serta menjadi pihak pelaksana program CSR (Corporate Social Responsibility). 

Agenda peresmian yang merupakan rangkaian dari kegiatan penutupan pelaksanaan KKN kelompok 68 KKNT MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur ini dihadiri oleh Camat Pabean Cantian, Lurah Nyamplungan, pihak PT. BBI Persero, pihak UPN Veteran Jawa Timur, Ketua Paguyuban Wisata Sentra Sandal "Sekar Karya", Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan Nyamplungan, Kelompok Pegiat Sejarah Begandring Surabaya, perwakilan RW serta warga Kelurahan Nyamplungan.

Rangkaian kegiatan penutupan KKN meliputi penyerahan luaran kelompok diantaranya grand desain, peta wisata, modul, serta teknologi tepat guna berupa mini studio photo untuk produk kerajinan sandal. Kegiatan penyerahan juga menyertakan serah terima plakat dan pemberian sertifikat penghargaan antara pihak Kelurahan, PT. BBI, serta Kelompok KKNT 68. Kegiatan menutup pelaksanaan KKN di kelurahan Nyamplungan dilakukan secara simbolik dengan pelepasan ID card mahsiswa. 

Peresmian “Wisata Cagar Budaya Crane Putar” juga dilakukan secara simbolik berupa penyerahan plakat cagar budaya dari pihak Camat dan Lurah kepada PT. BBI. Kegiatan ini diakhiri dengan sambutan penutup dari pihak UPN "Veteran" Jawa Timur.