um’at, 24 Desember 2021, berangkat dari maraknya kejahatan seksual yang terjadi di masyarakat sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ibu. PT Barata Indonesia, PT Dok Perkapalan Surabaya, dan PT Boma Bisma Indra bersinergi menggelar virtual talkshow dengan tema “Waspada Darurat Terhadap Kekerasan Seksual Perempuan dan Anak. Dihadiri oleh ibu-ibu Direksi, karyawan dan karyawati secara offline maupun online, yang terpusat di PT Barata Indonesia (Persero).

Mengundang Ibu Riza Wahyuni S.Psi., M.Si., Psikolog sebagai seorang Psikologis Klinis dan Forensik LPP Geoforia dan Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Jatim. Edukasi yang diberikan terkait kejahatan seksual membuat peserta lebih aware betapa pentingnya melindungi diri dan orang sekitar. Kejahatan seksual tidak hanya terjadi pada anak perempuan, banyak anak laki-laki yang sudah menjadi korban kejahatan seksual. Dalam hal tersebut, peran orangtua sangat penting terhadap tumbuh kembang anak. 

“Menjadi Perempuan, apalagi seorang Ibu harus tegas dan lembut. Tegas untuk mengajarkan hal-hal yang digunakan untuk melindungi anak-anak, dan lembut untuk bisa tetap mendengarkan dan memberikan perhatian penuh terhadap anak-anak. Jangan biarkan anak-anak kita mencari perhatian melalui gadget atau lingkungan lain yang terkadang menjerumuskan” Pesan Ibu Riza dalam paparan materinya.

Dengan adanya talkshow terkait waspada kejahatan seksual pada perempuan dan anak diharapkan para peserta bisa menanamkan dan memberikan edukasi bahwa kejahatan seksual bukan lagi persoalan yang tabu. Persoalan tersebut harus dicegah, diselesaikan, dan disembuhkan. Karena jika dibiarkan, akan lebih banyak lagi yang menjadi korban dan Indonesia semakin kehilangan generasi penerus bangsa.