Sebagai wujud Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), BBI berkomitmen untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya dengan memenuhi permintaan bantuan Tenaga Pengajar Tamu di Politeknik Energi dan Mineral Akamigas Cepu (PEM Akamigas) secara Daring melalui aplikasi Learning Manajemen System (LMS). PT BBI mengirimkan tiga karyawan untuk menjadi tenaga pengajar Kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan program CSR/TJSL PT BBI dibidang pendidikan guna mendukung Pemerintah dalam membangunan dan meningkatkan kemampuan anak bangsa yang diharapkan bisa mendukung kemandirian teknologi bangsa dan negara.

Ada tiga materi yang disampaikan: pertama tentang Perancangan Motor Diesel dan Gas yang disampaikan oleh Manager Bagian Teknik Diesel PT BBI, Akhmad Zaenudin. Materi kedua tentang Perancangan Ketel Uap disampaikan oleh Kepala Dinas Engineering PT Bosto (anak usaha PT BBI) Yoes Mustofah S., dan materi ketiga disampaikan Gatut Trihandoyono Manager Bidang Engineering Divisi MPI PT BBI membahas tentang Perancangan Alat Penukar Kalor.

Bantuan tenaga pengajar kepada PEM Akamigas ini merupakan bentuk simbiosis mutualisme antara BBI dan PEM Akamigas. Mahasiswa yang mengikuti agenda tersebut bisa mengenal lebih dalam produk-produk Oil n Gas yang akan diterapkan dalam dunia kerja nantinya, dan bagi BBI kegiatan ini berpotensi membuka peluang bisnis serta sebagai bukti eksistensi BBI dalam mewujudkan produk oil n gas.