Jakarta, 26 Oktober 2021 telah berlangsung Penganugerahan Keterbukaan Informasi tahun 2021 yang disiarkan melalui live youtube Official Komisi Informasi Pusat (KIP) dengan dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak K.H. Ma’ruf Amin. Agenda hari ini merupakan puncak acara Monitoring Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik (Monev KIP) tahun 2021 yang mana sebelumnya telah dilaksanakan serangkaian kegiatan assessment, penyampaian Video Inovasi & kolaborasi Keterbukaan Informasi dan Presentasi dari masing-masing Badan Publik.

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Semua Badan Publik harus terus menggelorakan semangat keterbukaan dan akuntabilitas informasi yang bertujuan untuk membangun kepercayaan dan dukungan masyarakat dalam mengukuhkan semangat bernegara dan berkebangsaan yang demokratis. Setiap badan publik harus terbuka dengan kritik, saran, dan masukan dari masyarakat serta mampu menyikapi kritikan dengan santun, baik, beretika, dan bernorma sesuai ketentuan dan adab yang berlaku dalam negara yang demokratis”

Sebelumnya, Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Gede Narayana menyampaikan, “Secara garis besar keterbukaan informasi publik di Indonesia menuju ke arah perbaikan. Dan hasil penganugerahan monitoring evaluasi ini bukanlah suatu ajang yang dimaknai sebagai kontestasi antar Badan Publik, tetapi merupakan tolok ukur Implementasi Keterbukaan Informasi Publik di tanah air yang kata kuncinya adalah kualifikasi, bukan peringkat dan nilai dari suatu Badan Publik”.

Pada tahun ini banyak peningkatan kualifikasi yang berhasil diraih oleh Badan Publik, tak terkecuali PT Boma Bisma Indra (Persero), di 2021 BBI berhasil manaikkan dua tingkat kualifikasi, dari “KURANG INFORMATIF” menjadi “MENUJU INFORMATIF”.

“Merupakan sebuah kebanggaan dan prestasi untuk BBI bahwa dalam waktu satu tahun mampu menaikkan dua tingkat kualifikasi Pelayanan Informasi. Hal tersebut merupakan buah kerja keras dari Tim PPID/Humas & Kesekretariatan, IT, SMRI, HRD dan seluruh Insan BBI yang terlibat dalam kegiatan ini,” ujar Siti Arini Iswati selaku Manajer Humas & Kesekretariatan sekaligus Pejabat PPID PT BBI