SobatBBI, di tengah pandemi covid-19 Workshop PT Boma Bisma Indra (Persero) yang berlokasi di Pasuruan tengah sibuk menyelesaikan order 94 Pressure Vesel (PV) dan 1 unit Column. 92 Pressure Vesel dipesan untuk memenuhi Proyek Refinery Development Master Plant (RDMP) dan  2 Pressure Vessel 1 Column untuk Pertamina Balongan.

Saat ini salah satu Pressure Vessel order Pertamina Balongan sedang memasuki tahap Post Weld Heat Treatment (PWHT), sebagai informasi tidak semua PV memasuki tahap PWHT lho. SobatBBI pada tahu nggak sih apa yang dimaksud PWHT?

Post weld heat treatment atau biasa dikenal dengan PWHT adalah bagian dari process heat treatment yang bertujuan untuk menghilangkan tegangan sisa yang terbentuk setelah proses welding selesai. Material terutama carbon steel akan mengalami perubahan struktur dan grain karena effect dari pemanasan dan pendinginan. Struktur yang tidak homogen ini menyimpan banyak tegangan sisa yang membuat material tersebut memiliki sifat yang lebih keras namun ketangguhannya lebih rendah.

Order PV untuk Pertamina Balongan rencananya selesai Oktober ini dan akan segera dilakukan pengiriman. Adanya order yang terus masuk untuk PT BBI merupakan sebuah kepercayaan yang diberikan oleh costumer sekaligus salah satu bukti nyata bahwa BBI siap berkontribusi lebih untuk Indonesia.