Tata Kelola IT

Salah satu implementasi tata kelola perusahaan berdasarkan Peraturan Menteri BUMN Nomor : Per-01/MBU/2011 adalah penetapan dan penerapan tata kelola teknologi informasi yang menjadi bagian integral dari Enterprise Governance agar dapat menjamin pemanfaatan dari implementasi IT secara efektif dalam mendukung pencapaian tujuan perusahaan.

Teknologi informasi memiliki peran penting dan strategis dalam menunjang keberhasilan usaha dan daya saing perusahaan. Penerapan teknologi informasi dalam proses bisnis akan mendorong terciptanya proses bisnis yang efisien dan bernilai tambah. Proses bisnis yang demikian mampu mendorong tercapainya kinerja operasional yang mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas serta sesuai dengan ekspektasi pengguna jasa. Teknologi informasi yang efektif tidak hanya berdampak pada peningkatan kinerja operasional namun lebih dari itu mampu mendukung pengambilan keputusan yang cepat dan tepat bagi para manajer dan eksekutif perusahaan. Penerapan teknologi informasi membutuhkan biaya yang relatif besar serta berdampak pada efektifitas hubungan antar bagian dalam proses bisnis, sehingga dibutuhkan suatu tata kelola dalam implementasi teknologi informasi.

Sesuai dengan Kebijakan Tata Kelola PTBBI, pada tahun 2017, PTBBI akan menerapkan tata kelola teknologi informasi berupa:

1. Kebijakan teknologi Informasi

2. Prosedur manajemen dan layanan teknologi informasi

3. Audit Teknologi Informasi

4. Dan berbagai praktik terbaik dalam tata kelola teknologi informasi.