Surabaya, 21 September 2021 PT BBI mendapat kunjungan lapangan oleh Dr. Dip. Ing. M. Abdul Kholiq, M.Sc selaku Direktur Pusat Teknologi Lingkungan BPPT beserta Tim yang sekarang tergabung dalam Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Kunjungan tersebut disambut hangat oleh I Kade Suarsa Ariadi selaku General Manajer Biro Diesel dan Pengembangan Usaha beserta Tim.

Kegiatan inti dari Kunjungan Lapangan dari BPPT adalah untuk melakukan diskusi teknis dan koordinasi pengembangan proses desain Refuse-Derived Fuel (RDF) yang saat ini juga sedang dipersiapkan InsanBBI. Selain melakukan diskusi teknis dan koordinasi, BPPT juga melakukan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Bidang Lingkungan yang nantinya akan menghasilkan Kebijakan Bidang Energi dan Sumber Daya Alam.

RDF didefinisikan sebagai teknologi pengolahan sampah menjadi bahan bakar nabati yang akan digunakan sebagai sumber energy pembakaran pada industri semen dan industri pembangkit tenaga listrik.
 
Dengan adanya diskusi teknis dan koordinasi pengembangan proses desain RDF antara PT BBI dan BRIN diharapkan teknologi RDF bisa diterapkan dengan baik sehingga bisa mendukung pemerintah dalam penanggulangan pencemaran lingkungan akibat tumpukan sampah serta untuk meningkatkan TKDN peralatan RDF sesuai dengan arahan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI.